SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN LAHAT

Aplikasi SIAP PNS KAB. LAHAT

Aplikasi SIAP PNS KAB. LAHAT

diposkan oleh : Bidang Formasi

 

SiapBKDD.LHT : Didasarkan pada keinginan dan kebutuhan terhadap sebuah system pengelolaan data kepegawaian yang efektif, efisien serta tepat dan akurat, disisi lain kebutuhan terhadap tersajinya informasi profile masing-masing pegawai yang terkini guna penataan kebutuhan kepegawaian yang berkelanjutan dibutuhkan sebuah aplikasi yang dirancang untuk menangani proses pencatatan data kepegawaian dan mengolah penataan (manage) data kepegawaian dengan menghasilkan output berupa laporan-laporan baik berupa data personal, normatif (angka) maupun grafik yang dapat dijadikan pedoman untuk pengaturan dan pengembangan di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lahat yang lebih baik.

SIAp – Sistem Informasi dan Arsip Kepegawaian adalah sebuah sistem informasi yang di bangun berbasis web, dengan menggunakan Database MySQL, Web Server Apache dan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi ini diinstall atau di letakkan pada komputer server atau dapat pula diinstall pada PC atau laptop, dengan menggunakan aplikasi tambahan web server seperti XAMPP, AppServ atau WAMP. Kelebihan dari aplikasi SIAp ini adalah dapat diletakkan secara lokal (offline) atau di letakkan pada server yang terhubung dengan jaringan internet (online), sehingga dapat di akses secara global menggunakan jaringan internet oleh PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat.

Aplikasi SIAp adalah sebuah Sistem Informasi yang dirancang oleh TIM di Bidang Formasi, Pengadaan dan Pemberhentian BKD dan Diklat Kabupaten Lahat sebagai solusi untuk menangani berbagai hal dalam pengurusan kepegawaian mulai dari penyimpanan dan pemusatan data pegawai secara elektronik dan terkomputerisasi hingga menangani berbagai macam laporan yang berhubungan dengan kepegawaian sehingga memudahkan dalam meningkatkan kinerja Administrasi kepegawaian.

Sistem Informasi ini sebagai jawaban terhadap Manajemen Kepegawaian untuk memantapkan administrasi Kepegawaian sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi data pegawai yang cepat, tepat, akuntabel, dan up to date dapat terwujud.

Mengapa Harus Menggunakan SIAp?

  • Dibangun sendiri/mandiri oleh Tim Kerja Bidang Formasi, Pengadaan dan Pemberhentian BKD dan Diklat Kab Lahat tanpa dukungan Dana dan Anggaran.
  • Full Support untuk konsultasi pengembangan dan pemantauan Sistem.
  • Dapat disesuaikan dengan kebutuhan Bidang-Bidang di BKD & Diklat Kabupaten Lahat
  • Mudah digunakan (User-Friendly).
  • Menggunakan teknologi resposinve yang membuat Anda lebih fleksibel dalam menggunakan SIAp.
  • Kompatibel dengan seluruh platform dan browser baik Desktop maupun Smartphones dan device lainnya.
  • Dapat diakses oleh semua Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat.

 

Sasaran yang Ingin Dicapai

Dengan adanya Sistem Informasi dan Arsip Kepegawaian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan data Kepegawaian dan  Penataan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat, serta membangun Jaringan Informasi dan Komunikasi serta mewujudkan Sistem Informasi dan Sistem Kearsipan Pegawai yang akurat dan terkini, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Meningkatkan efisiensi, efektifitas, kecepatan dan kualitas layanan terkait dengan Kepegawaian.
  2. Mempercepat penyeragaman dan pembentukan database Kepegawaian, menunjang transparansi pengelolaan Kepegawaian.
  3. Meningkatkan kualitas dan kecepatan proses penyusunan berbagai laporan yang dibutuhkan baik untuk kepentingan internal maupun laporan-laporan yang dibutuhkan.
  4. Memudahkan dan mempercepat pencarian dan penampilan informasi di bidang pengelolaan Kepegawaian, untuk kepentingan pengambilan keputusan.
  5. Mempercepat proses penyampaian informasi kepegawaian kepada Semua SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat

Keuntungan Aplikasi SIAp

  1. Dapat memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu membuat laporan pertanggungjawaban Kepegawaian secara rutin.
  2. Merupakan aplikasi kepegawaian yang memiliki fitur sederhana dan mudah sehingga memudahkan pengelolaan.
  3. Mendukung penggunaan multiuser dalam local area network yang memungkinkan untuk digunakan oleh pengguna lebih dari satu (banyak pengguna) sehingga akan mempercepat dan mempermudah pemasukan data-data Kepegawaian.
  4. Dukungan keamanan terhadap pemakai aplikasi dan data, SIAp yang kami tawarkan memberikan perlindungan keamanan penggunaan aplikasi secara berjenjang dan ditunjang dengan keamanan akses database yang optimal.
  5. Mudah untuk digunakan dengan mempertimbangkan kemudahan pemakaian (user friendly) dan menggunakan kaidah bahasa Indonesia, sehingga pelatihan penggunaannya tidak memakan waktu yang lama karena mudah dipahami.
  6. Instalasi dan implementasi yang cepat, secara struktural SIAp dikembangkan dengan metode yang sederhana, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan user dalam waktu singkat.
  7. Merupakan wujud partisipasi pengembangan dan penerapan e-Government di Indonesia.
  8. Database terintegrasi sehingga menghindari redundant entry data atau pengulangan input yang dilakukan berulang kali sehingga meningkatkan efisiensi pekerjaan diantara bagian-bagian yang ada.
  9. Mempercepat penyusunan Rencana Formasi Kepegawaian, pengembangan pegawai, dan urusan kesejahteraan pegawai, serta mempermudah pengelolaan data dan informasi Kepegawaian.
  10. Mempercepat pelaksanaan urusan pengangkatan dan kepangkatan pegawai
  11. Mempercepat pelaksanaan urusan pemindahan, pemberhentian, dan pensiun pegawai
  12. Dapat mengetahui setiap saat posisi pegawai, cepat dan mudah dalam pelaporan Kepegawaian.

 

Fitur-Fitur pengembangan Aplikasi SIAP

Aplikasi SIAp diupayakan akan dapat melaksanakan tugas seperti berikut ini :

  • Mengelola Biodata Pegawai Termasuk Photo Pegawai.
  • Mengelola Riwayat Pendidikan Formal.
  • Mengelola Riwayat Pendidikan Non-Formal.
  • Mengelola DIKLAT Prajabatan.
  • Mengelola DIKLAT Fungsional.
  • Mengelola DIKLAT Struktural.
  • Mengelola DIKLAT Teknis.
  • Mengelola Kegiatan Seminar.
  • Mengelola Kegiatan Penataran.
  • Mengelola Riwayat Kepangkatan dan Jabatan.
  • Mengelola Data Suami/Istri.
  • Mengelola Data Anak.
  • Mengelola Riwayat Penghargaan/Tanda Jasa.
  • Mengelola Riwayat Pengalaman.
  • Mengelola Riwayat Organisasi.
  • Mengelola Riwayat Cuti.
  • Mengelola Penguasaan Bahasa.
  • Mengelola Luar Negeri.
  • Mengelola Prestasi.
  • Mengelola Mutasi Pegawai.
  • Mengelola Proses Kenaikan Pangkat.
  • Profile Pegawai berisikan daftar riwayat hidup yang berkaitan dengan seluruh data di atas, di buat cover yang tercantum photo pegawai bersangkutan secara otomatis.
  • Laporan Daftar Urutan Kepangkatan (DUK).
  • Laporan Daftar Susunan Kepegawaian berdasarkan kriteria tertentu.
  • Laporan SKP.
  • Laporan Kenaikan Pangkat.
  • Laporan Rencana Kenaikan Pangkat.
  • Laporan Daftar Cuti dan Surat Ijin Cuti.
  • Statistik Kepegawaian Berdasarkan golongan, agama, jenis kelamin, pendidikan, Statistik disajikan secara Tabel maupun Grafik.
  • Laporan Daftar Pegawai Mutasi.
  • Laporan-laporan di atas pada dasarnya dapat di tampilkan berdasarkan query kriteria tertentu.
  • Merekam Histori data Pegawai dan dapat dicetak.
  • Search Engine data kepegawaian. Fasilitas ini memungkinkan pengguna mencari informasi secara cepat berdasarkan beragam informasi/keywords.
  • User Manager (mengelola daftar user atau pengguna) beserta hak aksesnya. Setidaknya hak akses terdiri atas : Administrator, Operator, Manajemen, dan User login ke system menggunakan  username  dan  password. Masing-masing hak akses memiliki antar muka yang berbeda (menu-menu tertentu) sesuai dengan karakteristik kewenangan/haknya.
  • Mengelola Master Data meliputi : Instansi / Unit Kerja, Golongan, pangkat, agama, jenis kelamin, pendidikan, jenis cuti, pelatihan, gaji, status perkawinan.
  • Pegawai bersangkutan memiliki login sendiri berdasarkan hak akses “pegawai” di atas, dan tersedia menu khusus untuk pegawai. Menu ini hanya menyediakan fasilitas yang berkaitan dengan pegawai bersangkutan dan fasilitas tambahan yang bersifat data di publikasikan. Demikian juga untuk hak akses lainnya memiliki antar muka berbeda. Pegawai atau user login menggunakan username dan password.
  • Pegawai dapat melakukan entri/perubahan data secara langsung.
  • Pegawai bersangkutan dapat melakukan upload file / dokumen elektronik sendiri, dan dibuatkan direktori tertentu di Server. Ukuran file yang di upload dapat dibatasi dari sistem. File yang di Upload di kelompokkan ke dalam jenis-jenis berkas seperti : Photo, Karpeg, Ijazah, dll.
  • Dan fitur-fitur lainnya yang akan memudahkan Anda.

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIAP) memiliki level user yang sudah di atur secara rapi dengan tingkat keamanan yang tinggi, sehingga setiap Pegawai dapat mengakses atau mengelola data pegawainya masing-masing, level user pada aplikasi SIAP meliputi :

  1. Root : adalah seorang user tertinggi yang dapat mengatur konfigurasi aplikasi SIAP secara umum, misal pengaturan menu-menu yang di aktifkan atau di matikan, mengatur pilihan jenis perhitungan dan lain-lain, user root lebih bersifat teknis untuk pengaturan konfigurasi aplikasi SIAP, Root berada di BKD dan Diklat Kab Lahat.
  2. Administrator : adalah seorang user yang memiliki kuasa tertinggi terhadap data-data pada aplikasi SIAP, user administrator dapat melakukan semua proses pada aplikasi, mulai dari pembuatan data referensi sampai sampai proses akhir, dan user level Administrator dapat melihat semua data-data pada aplikasi tersebut.
  3. Operator BKD : adalah seorang user yang memiliki kuasa tertentu sesuai bidang kerja operator tersebut
  4. Operator SKPD : adalah seorang user yang memiliki hak akses terhadap data-data pada SKPD masing-masing. Operator SPKD dapat memasukkan data usulan-usulan yang akan di teruskan ke Operator BKD.
  5. Verifikator : adalah seorang user yang berhak untuk memverifikasi data-data yang di input oleh Operator SKPD, verifikator dapat meneruskan atau membatalkan data-data yang di input oleh Operator SKPD.
  6. Super Operator : adalah seorang user yang memiliki kemampuan hampir mirip seperti Administrator, Super Operator hanya di perlukan pada saat peremajaan data dari SKPD masing-masing, user Super Operator dapat di tutup hak aksesnya oleh Administrator.

 

GO SIAp BKD Lahat

Sistem Informasi dan Arsip Kepegawaian (SIAp) adalah aplikasi yang dapat berjalan di berbagai platform (multi platform), bisa menggunakan Sistem Operasi: Windows, Linux dsb. Untuk membuka aplikasi ini pengguna dapat menjalankan melalui jendela browser-browser modern saat ini seperti Mozilla, Chrome, Opera atau Safari. Untuk masuk ke halaman SIAP, pengguna dapat mengetikkan alamat sebagai berikut  :

  • http://localhost/SIAp/ (offline)
  • http://bkdd.lahatkab.go.id (online)

Setelah dijalankan maka sistem akan meminta login dengan username dan password pengguna yang telah disiapkan oleh Admin BKD.

Saat ini Aplikasi SIAp Online adalah Versi Pertama dengan kode versi 1F.16. (AF)

Updated: 3 Juni 2016 — 10:41 am

16 Comments

Add a Comment
  1. Kapan sosialisasi untuk tiap SKPD?

    1. sesuai jadwal.. inshaa Alloh sekitar bulan oktober 2016

  2. Apakah password user PNS SIAP bisa diganti sendiri oleh pengguna?

    1. Bisa. Silahkan!

  3. bagaimana cara pengisian untuk data riwayat keahlian pegawai? thks sblmny<<<

  4. Guru termasuk dalam jabatan fungsional umum atau khusus?

    1. Fungsional tertentu

  5. Bagaimana Jika saya lupa password?

    1. silahkan datang ke BKD bidang Formasi

  6. Apa maksudnya ketika kami log in akun SIAP tpi tertera tulisan ‘Maaf anda blm terdaftar pada akun SIAP’? Sebelumnya kami sdh pernah log in bahkan memperbaiki beberapa data kepegawaian kami dgn menggunakan password yg sdh diberikan oleh admin. Mohon bantuannya. Terimakasih.

  7. terimakasih alhamdulillah login SIAP sudah normal lagi. namun ada yang mau ditanya setelah login lagi up date lagi kemudian saya klik simpan data, data tersebut tidak bisa dilihat, timbut kata MAAF data belum bisa di akses, mohon petunjuk lebih lanjut, terimakasih

  8. Saat ini Aplikasi SIAP sedang dalam perbaikan. Kapan kira-kira bisa digunakan kembali?

    1. Diperkirakan Awal Maret 2017, Trims

  9. Aplikasi SIAP masih belum bisa digunakan. Kapan bisa aktif lagi? Ini sudah mau April, ktny kmrn awal Maret. Mohon infonya. Trims

    1. Trims ata atensinya. prbaikan aplikasi siap Sedikit Lagi.. mohon bersabar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN LAHAT | © 2016 BKPSDM
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.